Minggu, 17 November 2013

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer nge-Hang

selamat malam sobat ArtikelKu
saya mau share penyebab komputer hang nih.. atau tiba-tiba mati. Aduh udah larut maelm tapi saya masih lanjut terus, padahal besok berangkat pagi banget ke sekolahnya.....
yuk dibaca

Di bawah ini beberapa Penyebab komputer tiba-tiba mati :

1. Kondisi Harddisk
harddisk yang telah berusia sering serta menyambut ‘tutup usia’ sering jadi penyebab komputer hang. harddisk ini alami rusaknya bertahap dengan tanda-tanda mulai kerap tidak terdeteksi saat awal booting, hingga kita butuh mencabut kabel inspirasi ( pasti bila itu inspirasi ) serta mengembalikan lagi, baru dikenali lagi.
pada harddisk dengan situasi diatas umumnya sistem booting serta loading windows juga mengonsumsi waktu lebih lama dari umumnya.
penyebab komputer hang dapat berlangsung bila harddisk dengan situasi diatas tiba-tiba tidak dideteksi oleh komputer.


dapat juga harddisk baru namun telah ada bad sectornya. situasi harddisk yang bad sector dapat juga sebagai penyebab komputer hang. terlebih bila bad sector ada di awal partisi, mengingat di situ area sistem ada. windows dapat tiba-tiba tidak bekerja bila file sistem dia tidak dapat dibuka tiba-tiba dikarenakan lokasi file terkena bad sector. hang akan berlangsung bila anda menggerakkan sesuatu file tetapi lokasi file ada bad sector.
problem lain yang tetap terkait dengan harddisk serta kerap mengakibatkan hang yaitu fragmentasi pada data didalamnya. tersebut alasan mengapa butuh dikerjakan defragmentasi dengan kata lain defrag.

2.Prosesor Overheating
Prosesor adalah otak dari semua proses yang dilakukan oleh perangkat Laptop dan Komputer anda. Tugas prosesor yang begitu berat membuat komponen yang satu ini mudah sekali panas, jika prosesor mengalami panas yang berlebih atau overheating ini pun dapat menyebabkan perangkat anda menjadi lambat. Biasanya ini terjadi ketika perangkat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa instirahat.


Cara mengatasinya : Jika anda akan menggunakan perangkat Laptop atau Komputer dalam jangka waktu yang lama sangat disarankan untuk mengistirahatkan perangkat anda sekitar 10 – 15 menit. Dan untuk perangkat Laptop gunakan CoolingPad Eksternal agar lebih memaksimalkan proses pendinginan terhadap perangkat tersebut.

3. Konflik pada Hardware
tiap-tiap hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melewati irq ( interrupt request channel ) serta mesti unique ( tidak sama satu dengan yang lain ) untuk tiap-tiap perangkat. contoh, printer umumnya memakai irq 7, keyboard memakai irq 1, floppy memakai irq6. tiap-tiap perangkat memakai irq nya tiap-tiap dengan otomatis. jika komputer anda mempunyai banyak perangkat atau perangkat tidak terinstall dengan baik, maka yang berlangsung yaitu ada pembagian irq untuk kian lebih 1 perangkat. serta waktu anda terhubung ke-2 perangkat yang memakai irq yg sama tersebut maka dapat ada kemungkinan windows dapat crash.


4.Harddisk Low Space
Terlalu banyak data dan aplikasi yang terinstal pun bisa menjadi penyebab menurunnya kecepatan kinerja perangak Laptop atau Komputer. Proses Defragment Harddisk juga ternyata sangat mempengaruhi kepada kinerka perangkat anda. Selain kapasitas yang kurang, file yang berantakan pun dapat membuat perangkat anda lemot.

Cara mengatasinya : rapihkan data yang berada di Harddisk perangkat anda, Un-instal semua program yang saat ini sudah tidak anda gunakan. Dan juga lakukan proses defragment harddisk secara rutin, proses defragment harddisk ini selain bertujuan untuk merapihkan data pada harddisk juga dapat meminimalisir bad sector yang terjadi pada komponen harddisk anda.


5. Proses invisible
Kadang tanpa anda sadari ada beberapa program yang secara otomatis berjalan meski anda sebenarnya tidak menggunakan program tersebut. Hal ini tentunya akan memperbesar konsumsi space pada memori yang akan berdampak pada menurunyya kecepatan kinerja perangkat anda.

Cara Mengatasinya : lihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada Task Manager, jika ada aplikasi yang mencurigakan anda dapat mengakhirinya dengan meng klik tombol end task atau end process. Dan untuk mengurangi konsumsi space memori yang terlalu besar, hindari juga proses multitasking yang tidak perlu.






6. Kondisi Memory (RAM) yang buruk
ram ( random access memory ) yang jelek atau kotor dapat mengakibatkan komputer berhenti bekerja tiba-tiba apalagi blue screen atau restart. menempatkan kian lebih satu memory terkadang jadi penyebab problem di masa datang, terlebih bila dua memory yang terpasang tidak betul-betul sama. berbedaan chip antar dua memory dengan bus yang tidak sama terkadang dapat mengakibatkan fatal error.

Semoga bermafaat tipsnya . selamat malam dan selamat istirahat :)
 
 
 
 

0 komentar:

Translate

 

Blogger news

Pages